Popular Post

Posted by : Anonim 22 Des 2014

Assalamu`alaikum Wr.Wb.
YuGiOh! telah melewati berbagai fase dalam kehidupannya sebagai Trading Card Game. Akankah kejayaannya tetap bertahan?

Well sebenernya permainan Trading Card Game ini adalah berawal dari sebuah manga ciptaan Kazuki Takahashi pada tahun 1996. Karena saking populernya permainan ini, bahkan diciptakan dalam berbagai konsol game, rupanya membuat Konami melirik dan membeli lisensi hak cipta dari Kazuki Takahashi, yang kita semua kenal dengan "Yu-Gi-Oh! Trading Card Game".http://id.wikipedia.org/wiki/Yu-Gi-Oh!

Seiring berjalannya waktu setelah lisensi berpindah tangan kepada Konami, Mereka pun mengembangkan berbagai jenis dan macam kartu pada setiap serialnya, yang tentu saja membuat rule-rule yang ada semakin diperbaharui. Yang pada awalnya hanya terbatas pada Fusion dan Ritual saja, misalnya saja pada era (5'DS).  Konami kemudian merilis kartu jenis Synchro dan merubah penggunaan kata "Fusion Deck" menjadi "Extra Deck". Pada era ini, menurut kami merupakan era yang fantastis, dengan hadirnya Synchro memberikan efek gameplay yang lebih berat dan menantang kepada para player-nya.

TDGS mengawali era 5Ds

Di masa 5Ds ini Yugioh memecahkan rekor Guinness sebagai Best Selling Trading Card Game seperti dapat dilihat di situs Guinness disini.
"The best-selling trading card game is Yu-Gi-Oh! by Konami Digital Entertainment Co., Ltd. (Japan), which has sold 25,175,567,833 cards globally since 1999 as of 31 March 2011.

Mencoba mengulang kesuksesan Synchro, pada era selanjutnya (Zexal) pihak Konami merilis kartu jenis Xyz. Jika Synchro adalah metode Summon dengan mengkalkulasikan level tuner dan non-tuner, Xyz adalah metode summon dengan menumpuk (Overlay) dua monster atau lebih dengan level yang sama. Xyz juga memiliki tempat yang sama dengan Synchro yaitu di "Extra Deck". Sampai disini pun, player diharapkan bisa mengembangkan build yang bervariasi lagi dengan kombinasi Synchro dan Xyz.

yes..the Next Generation

Di era Zexal, Yugioh memecahkan rekor Guinness sebagai turnamen trading card game dengan peserta terbanyak seperti bisa dilihat disini. Turnamen yang dimaksud adalah YCS ke 100 yang diadakan di Long Beach California

"Having now reviewed the evidence, GUINNESS WORLD RECORDS can announce that last year's 100th Yu-Gi-Oh! Championship Series, held in Long Beach, California, USA, is officially the Largest trading card game tournament ever held.
A total of 4,364 Duelists (players) battled against one another in this event, breaking the record previously held by Magic: The Gathering Grand Prix Madrid, which attracted 2,227 players."

YCS Long Beach
Di Era Arc-V (Masa kini), Konami juga memperkenalkan jenis kartu baru yaitu Pendulum. Rule baru juga ditambahkan di Field, yaitu adanya Pendulum Zone pada bagian kiri dan kanan Field untuk memasang kartu pendulum. Tidak jauh-jauh dari 2 era sebelumnya, Pendulum juga tidak lepas dari kata "Extra Deck", meski awal Pendulum dimasukkan pada Main Deck, Pendulum yang hancur akan kembali ke "Extra Deck" dan dapat di Summon kembali jika syaratnya terpenuhi.

DUEA yang mengawali era ARC-V

Untuk Type monster, Konami juga merilis type baru (selain type yang sudah ada dari awal) yang pertama adalah Psychic. Well..mungkinkah sedikit terlambat? karena jika iya, maka Jinzo seharusnya akan memiliki type Psychic dan bukan Machine. Type yang kedua baru dirilis beberapa bulan lalu adalah Wyrm. Menurut kami Wyrm nggak ada bedanya dengan monster type Dragon. Gosipnya sih karena Konami sudah terlanjur rilis Dragon Ruler, dan jika akan rilis type Dragon baru, dikhawatirkan akan langsung support dengan Dragon Ruler tersebut, maka dibikinlah Type baru: Wyrm!
Kesalahan kah Konami menciptakan Dragon Ruler?

Info yang paling terbaru dari Konami adalah Konami mengambil tema "Nostalgia". Disaat serial Arc-V masih berjalan, mereka merilis ulang Anime seri pertama mereka (Duel Monster) dengan grafis yang lebih bagus/Remastered (baca disini) dan mendapatkan Movie baru untuk tahun berikutnya (info disini). Selain itu, pada Banlist OCG yang akan datang, entah kenapa kartu-kartu yang sudah lama terpenjara dalam jajaran Forbidden dilepas kembali dalam format limited. Contohnya saja Harpie Feather Duster dan Chaos Emperor Dragon - Envoy of the End, Ring of Destruction. Namun untuk beberapa kartu tersebut, mengalami perubahan text (Errata) sehingga efek yang dimiliki tidak sehebat yang dulu.

Rumor lain yang beredar adalah penjualan Yugioh di region Asia mengalai penurunan drastis akhir-akhir ini. Mungkinkah Konami melakukan tema nostalgia (termasuk lepas Banlist) dengan harapan menarik minat kembali para fans-fans lama mereka ketika mereka sedang pada masa kejayaan?

Menurut kami, power creep yang gila-gilaan mungkin menjadi salah satu faktor penyebab turunnya penjualan Yugioh tersebut. Sejak awal era Arc-V dan munculnya archtype Shaddoll, Tellaknight, dan Yang Zing (plus Burning Abyss di TCG) di Duelist Alliance, base power level ketiga archtype tersebut disetting agar jauh diatas rata-rata archtype-archtype sebelumnya dengan float power yang berbeda-beda.

Gambaran power levelnya sebagai berikut: Misalkan di zaman 5ds atau Zexal, ada archtype yang semua membernya bisa Special Summon monster lain dari deck ketika di destroy (Mermail bilang "Kami punya Abysslinde, tapi nggak semua juga kaliii!"). Bisa Accel Synchro juga (ala Formula Synchron), dan memberi Synchro monsternya efek bonus. Mereka juga dapat Pot of Avarice sendiri, dan Plaguespreader Zombie sendiri. Pastinya archtype tersebut bakalan jadi powerhouse kan?

Nyatanya tidak! Bahkan bisa dibilang salah satu yang paling cupu diantara 4 archtype floater Duelist Alliance!

Konami memang butuh memproduksi kartu-kartu dengan power level lebih tinggi daripada kartu-kartu yang mereka buat sebelumnya. Hal ini karena player tidak akan membeli kartu baru kalau kartu baru tersebut tidak lebih kuat dibandingkan kartu mereka yang lawas. Buat apa membeli kartu baru kalau kartu lamamu dapat memenangkan turney?

Konami tahu akan hal ini, jadi mereka memproduksi kartu-kartu dengan power level jauh lebih tinggi dari kartu sebelumnya agar duelist tetap membeli produk mereka...

Tentu saja, power creep berdampak negatif. Tidak akan lama sampai power creep melampaui batas, sehingga sebuah permainan bisa berakhir riwayatnya karena pemainnya menjauh semua, mereka merasa permainan tersebut menjadi membosankan.

Apakah nanti akan keluar archtype-archtype baru yang akan membuat Qli, Burning Abyss, dan Nekroz menjadi kroco? Mungkin saja! Hal tersebut malah amat sangat mungkin terjadi. Tetapkah kalian akan bermain dalam iklim permainan yang seperti itu?

Sebenarnya Konami memiliki beberapa solusi agar tidak terjebak dalam masalah desain kartu power creep, dan solusi tersebut tidak usah mencari jauh-jauh, bagaimana kalau kita mengadaptasi dari sistem yang dilakukan oleh Magic: the Gathering, The Mother of All Trading Card Game?



Beberapa yang bisa diadaptasi Konami seperti:
1. Mensupport multiple format. Misal ada turnamen official untuk Traditional, turnamen Tag Team, dan lain-lain. Sehingga Konami tidak terlalu tertekan untuk membuat kartu yang GG untuk advanced format saja, tapi bisa juga mereka mendesain kartu yang bagus untuk digunakan di Tag Team, tapi sucks di Advanced. Dengan demikian power creep dapat dihambat.
2. Mengadakan format khusus yang mengaplikasikan set rotation. Apa itu set rotation? Set rotation hanya membolehkan duelist menggunakan kartu-kartu dari beberapa set terbaru. Dengan adanya set rotation, Archtype-archtype dewa dari set-set lawas otoatis tidak dapat digunakan, sehingga Konami tidak perlu mendesain kartu-kartu yang powerlevelnya melebihi archtype yang lama untuk menarik pembeli. Kabarnya Cardfight Vanguard juga akan mengadopsi sistem ini.

Demikian pandangan kami tentang keadaan YuGiOh saat ini dan beberapa solusi yang dapat kami pikirkan. Bagaimana menurutmu?

"Yugioh tidak akan tamat sebelum Chaos Emperor Dragon di unlimit, namun hanya deck tier 100 yang akan menggunakannya, itupun hanya cupuers sebagai -Tech- belaka karena kartu tersebut tidak mampu bersaing dengan meta."
Ramalan Prabu Jayabulls dalam kitab Pararaton


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Credit :
Penulis : IFK, Chinmi
Editor : IFK

{ 26 comments... read them below or Comment }

  1. itu yg di sisi kanan/kiri bukan Pendulum Scale, tapi Pendulum Zone

    BalasHapus
  2. Rotation itu resikonya bisa bikin tambah mahal harga-harga kartu.
    Di TCG yg harga kartunya sudah selangit, mo lebih naik lagi?

    And Yugioh has always been shit, anyone that said early on Yugioh is good is just blinded by Nostalgia googles.
    Power Creep happened at every card games, it already happened far before DUEA.
    VG had it worse, VG Power Creeped itself to death, that only Restander and G1/G0 blocker+crit matters.

    Ingat, Power Creep cuman bisa diperlambat, tak bisa dihilangkan.
    Karena Konami harus tetap menjual kartu baru agar set baru laku.
    Power Creep had to happen.

    BalasHapus
  3. -thanks untuk RareHunter soal kejeliannya, nanti akan saya ganti hehe..

    dan selanjutnya...
    Memang kalau harga mahal kenapa? Toh anda ga ikut main dan ga ikut beli. Yugioh kan shit? Kalau situ bilang "Yugioh shit tapi sampe skrg tetep beli", berarti situ suka buang2 uang, berarti harga mahal pun tak masalah kan? Kalau situ bilang "Yugioh Shit tapi aku cuma main onlen," maka harga mahal juga ga masalah kan? Beli aja nggak. Dgn adanya set rotation, maka Konami "tidak perlu" power creep set2 sebelumnya. MTG, sejauh yang saya ketahui, tetap sehat sampai sekarang. Padahal sudah 20 tahun hidup.

    BalasHapus
  4. Kalo tambah mahal ya pemain berpotensi berkurang lah.
    Target utama penjualan Konami itu pemain casual, karena mereka adalah mayoritas di Yugioh.
    Pemain kasual itu sering beli pack, tapi gak mau ngeluarin uang banyak buat beli single, karena memang pemikirannya belum sampe kesana, beli pack buat hoki2an dan fun doang.
    Kalo ada rotasi ya kartu lama obsolete semua, harus beli set baru, gak semua orang berkemampuan beli kartu baru terus menerus.
    Pemain kasual pun main turni, mau gak mau harus pake kartu baru, in fact yang "ngebiayain" turni itu pemain kasual.

    Why I play Yugioh? Because I can afford it, it's as simple as that.
    Who says you can't enjoy something bad/shitty?
    Just like how SAO is absolete crap, earlier parts and animation and soundtrack is quite decent.
    You can also jew people in Yugioh.
    But there's a limit on how much you spend your money.

    Rotasi itu gak secara instan menyelesaikan semua masalah, mo men-implement rotasi itu dah keitung telat, sudah terlalu banyak kartu broken.
    Mo kayak VG aja yg cuman pake set baru? Ya kembali ke paragraf pertama.
    Mo di errata semua? Ya udah sekalian aja gak usah adain rotasi, cukup errata semua, kayak yang terjadi sama CED - EotE.
    Bikin format baru tuh gak segampang itu, apalagi mo dijadiin kompetitif juga, ada gak peminatnya?

    Mau tau apa kata orang Amrik yang pernah saya tanyain tentang rotasi di Yugioh?
    "I don't see a reason to. Why limit what can be done in this game? It's not like magic, they keep their lands every set. Our staples are cards like Raigeki and MST, and a bunch of those don't have recent reprints. Yugi also has a much different release structure. I wouldn't be able to tell you when the last 2 structure decks or Astral came out. MTG has a very stable standard because only the core and block sets are used."
    "It's way too late in the games life to do that."
    "Konami already has a way to make older cards irrelevant and push new shit."

    Maksudnya tidak perlu Power Creep set2 sebelumnya itu gimana?.

    TL;DR
    Kalo rotasi emang bisa nyelesain semua masalah itu, udah dari dulu Konami terapin.
    Kemungkinan ada 2 kenapa belum diterapin:
    1. Gak mau ambil resiko pemain berkurang.
    2. Gak peduli sama kondisi meta yang ada, yang penting barang laku.

    Intinya, MTG dan Yugioh itu beda, apa yg bekerja di MTG belum tentu jalan di Yugioh.

    BalasHapus
  5. Aq bilang sih karena ad animenya makanya trlalu maksa buat baramg2 baru. Padahal aq bilang kalau membuat support barang2 lama bisa ttp mantep kok. Rotasi emang kurang cocok buat yugi kyknya. Tp untuk format kykny bisa. Dbuat format tradiotional dll. Lalu..... mungkin perencanaa dlm konami agak kurang dlm hal membuat kartu baru tuuh hrus dseimbangkan dg kartu yg ad sblmnya. Jd jgn sampai seakan2 kalau ada krtu bru smua arctype g bs menyaingi tanpa staple yg mumpuni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang rotasi adalah salah satu solusi yang kami usulkan.
      Masih ada solusi-solusi lain yang tidak terpikirkan! :D

      Hapus
  6. panjang amat yak komennya... bertapa di gua mana dlu tuh bru dpet ilham utk kultum??

    BalasHapus
  7. Thanks for your insight good sir.
    Please continue to buy Yugioh cards because you are certainly can afford them regardless of price. :)
    Your answers only make us more certain that there will be always players like you who'll buy yugioh card even if you think it sucks. So set rotation theory still can be applied.

    BalasHapus
  8. pake kartu lama aja tapi dibuat bisa mengimbangi meta sekarang

    BalasHapus
  9. bener tu, pake kartu lama aja biar yg udh terlanjur ngejual kartu lamanya bisa beli kartu yg ada di GX ataupun di 5ds

    BalasHapus
  10. untuk mengimbangi meta sekarang bisa pake deck lama kok, seperti: six sam, blackwing, evol, cydra, fireking, dll. Menurut saya, deck di atas kuat kok ngelawan meta sekarang dan deck2 baru tuh jago karena baru keluar dan playstylenya masih misterius jadi orang2 pada bingung ngehandlenya, tapi itu kan cuma masalah waktu saja menurut saya.

    BalasHapus
  11. hmm... artikelnya bagus. sesuai realita. saya suka blog ini.
    you got my prove

    BalasHapus
  12. ya intinya sih maen ya maen, ngga ya ngga gausa bingung ama segala tetek bengeknya toh idup bukan cuma di-card game doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bingung siapa?
      Yang bilang idup cuma di card game siapa?
      Kita kan disini cuma diskusi tentang game yang kita cintai bersama. Karena ini blog memang mbahas Yugioh~
      Atau mau bahas Konflik Palestina-Israel? Mau bahas politik Indonesia dan efeknya dengan kurs dolar? Bahas pengucapan selamat Natal? Boleh-boleh ayo sini diskusi bareng~ :D

      Hapus
    2. Kan ini emang Blog mengenai Card Game KK ,, jadi ya bahasnya seputar Card Game .
      kalo bahasnya masalah isu kenaikan harga bbm atau kenaikan harga sembako kan malah aneh wkwk :D

      Hapus
  13. Trading card game mnrt aq kyk main catur, cuman dbkn mnrk, d'segi rule dan art, mmngknkn dua pmain/lbh bwt main it jd poin lbhny, sy dulu sng maen yugioh, krn simpel dan tmn maenny byk, tp trhnti d'harga. Am sistm turney yg msh ad unsur perjudianny(dftar pke uang, trs trkhr turney ambl kartu hadiah sesuai urutan pemenang). Jd yg deckny lmh(lmh di harga)ssh bwt menang hadiapun g seimbang krn krt yg ddpt jd hadiah nominalny krg dr hrg pndftrn. Sjk it tk tglkn kmntsny. Msh duel(havingfun) tp g mau ikt trnmn. Hrsny hadiah itu murni dr penylenggra, tdk ad pnggtn dr pemain. Namany jg hadiah, g blh ngarep untung kl ngsh k org :D. *artiklny bgs, smnjak ad archtipe dn kartu 'dewa' bertebaran, rarity card turun, sy udh ngerasa kl konami arahny cuman ke produk baru(jualan kartu) bkn k'arah mmprthnkn kualitas barang

    BalasHapus
  14. Trading card game mnrt aq kyk main catur, cuman dbkn mnrk, d'segi rule dan art, mmngknkn dua pmain/lbh bwt main it jd poin lbhny, sy dulu sng maen yugioh, krn simpel dan tmn maenny byk, tp trhnti d'harga. Am sistm turney yg msh ad unsur perjudianny(dftar pke uang, trs trkhr turney ambl kartu hadiah sesuai urutan pemenang). Jd yg deckny lmh(lmh di harga)ssh bwt menang hadiapun g seimbang krn krt yg ddpt jd hadiah nominalny krg dr hrg pndftrn. Sjk it tk tglkn kmntsny. Msh duel(havingfun) tp g mau ikt trnmn. Hrsny hadiah itu murni dr penylenggra, tdk ad pnggtn dr pemain. Namany jg hadiah, g blh ngarep untung kl ngsh k org :D. *artiklny bgs, smnjak ad archtipe dn kartu 'dewa' bertebaran, rarity card turun, sy udh ngerasa kl konami arahny cuman ke produk baru(jualan kartu) bkn k'arah mmprthnkn kualitas barang

    BalasHapus
  15. Konami memang butuh memproduksi kartu-kartu dengan power level lebih tinggi daripada kartu-kartu yang mereka buat sebelumnya. Hal ini karena player tidak akan membeli kartu baru kalau kartu baru tersebut tidak lebih kuat dibandingkan kartu mereka yang lawas. Buat apa membeli kartu baru kalau kartu lamamu dapat memenangkan turney?
    Konami tahu akan hal ini, jadi mereka memproduksi kartu-kartu dengan power level jauh lebih tinggi dari kartu sebelumnya agar duelist tetap membeli produk mereka...

    ane mo tanggapin soal ini..
    daripada memproduksi kartu-kartu dengan power level lebih tinggi, kenapa gak buat turnament baru aja yang mengharuskan menggunakan kartu2 lama..
    misalnya diadakan turanament Yu-Gi-Oh! Duel Monster, dimana pemain hanya boleh menggunakan set kartu dari Yu-Gi-Oh! DM dengan peraturan yg ada pada saat itu..
    turanament Yu-Gi-Oh! GX, dimana pemain hanya boleh menggunakan set kartu dari Yu-Gi-Oh! GX kebawah dengan peraturan yg ada pada saat itu..
    turanament Yu-Gi-Oh! 5D's, dimana pemain hanya boleh menggunakan set kartu dari Yu-Gi-Oh! 5D's kebawah dengan peraturan yg ada pada saat itu..
    dst...

    inikan lebih mantaps.. :D
    kartu lama bakal hidup kembali..

    atau ada solusi lain,, dari pada jualan kartu, kenapa gak jualan aksesoris aja..
    mungkin tas deck, meja duel, atau mungkin bikin duel disk.. huehehe..
    kan mantaps abis, bikin teknologi duel disk di kehidupan nyata, apalagi klo ada hologramnya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada di youtube cari aja tp projeck individiual bukan konami

      Hapus
  16. Bingun gan bahasanya banyak yg g ngerti haha maklum suka mainnya aja g mendalami sampai mendasar

    BalasHapus
  17. Klo skrg mah susah sekali nyari kartu yg ori nya, di Malang udh jarang sekali ada org jualan YGO

    BalasHapus
  18. DaduDomino.com

    Situs BandarQ 7 Game 1 ID (New Games BandarSakong)
    Minimal Dp 20rb
    Minimal Wd 50rb

    Bonus Turnover dibagikan Setiap Hari dan Bonus Refferal Terbesar

    DaduPoker juga menyediakan 2 permainan Menarik :
    - Fish Hunter (Tembak Ikan) Klik >> www.gg626.com
    - Sabung Ayam (Cock Fight) Klik >> www.s1288.net

    Menang Hanya di DaduPoker

    Info Lebih Lanjut goo.gl/PpRXxc

    BBM : 2BE2B4B7

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -