Popular Post

Posted by : IFK 17 Jul 2014

Assalamualaikum teman-teman, setelah lama vakum kini Card Review kembali lagi~ Kali ini kita akan mereview singkat 2 kartu yang akan rilis di NECH, yaitu El Shaddoll Shekinaga dan Apoqlipoth Killer.
Ok kita mulai saja~

*Translasi kartu thanks kepada http://www.ygorganization.com
*Gambar kartu thanks kepada http://yugioh.wikia.com

1. El Shaddoll Shekinaga

NECH-JP049
El Shaddoll Shekhinaga
Earth Machine / Fusion / Effect
LV10 2600/3000
1 “Shaddoll” monster + 1 EARTH monster
Must first be Fusion Summoned. You can only use the (1) effect of “El Shaddoll Shekinaga” once per turn. (1) When your opponent activates the effect of a Special Summoned monster, if you have a “Shaddoll” card in your hand: You can negate that activation, and if you do, destroy that monster, then send 1 “Shaddoll” card from your hand to the Graveyard. (2) If this card is sent to the Graveyard: You can target 1 “Shaddoll” Spell/Trap Card in your Graveyard; add that target to your hand.
Art dan Lore
El Shaddoll Shekhinaga menggambarkan sosok El Shaddoll Nephilim yang duduk di suatu singgasana di angkasa. Tampaknya singgasana tersebut merupakan EARTH Machine monster, karena Attribute dan Type monster ini menyiratkan demikian, yaitu fusionnya Nephilim dengan satu monster EARTH (kemungkinan besar Type Machine).
Shekinaga berasal dari kata "Shekhinah" yang merupakan salah satu nama tuhan dalam Yudaisme. Shekhinah merupakan nama yang menggambarkan sifat-sifat feminin dari tuhan yudaisme, dimana ia hadir disamping manusia yang membutuhkannya. Shekhinah dalam Yudaisme juga berarti "tempat" atau dalam artian tempat dimana tuhan berada.

Dalam kartu ini, Nephilim (yang merupakan female), duduk di singgasana atau "shekhinah"nya di angkasa. Kita bisa saja mengatakan bahwa Nephilim adalah God nya Shaddoll, mungkin saja dia adalah individu yang mengontrol benang Shaddoll~

Gameplay
Shekhinaga adalah fusion keempat Shaddoll yang dirilis setelah Midrash, Nephilim, dan Egrystal. Materialnya membutuhkan EARTH monster. Kalau kita ingin memasukkan EARTH monster ke dalam deck Shaddoll, mungkin kita bisa memasukkan Dandylion (keluar token kalau di fuse), atau Mathematician (bisa mill Shaddoll untuk efek kedua dan kalau hancur by battle dapat draw). Card Trooper juga merupakan alternatif, walaupun millnya random tidak seperti Mathematician.

Kita bisa juga memakai cara seperti deck HERO, menggunakan Super Polymerization (mungkin di Side Deck) kalau menghadapi lawan yang beratribut EARTH. Cara ini efektif untuk duelist yang merasa bahwa slot di Main Deck sudah cukup sempit, atau bagi mereka yang lebih suka main pure Shaddoll.

Efek Shekhinaga sendiri, mirip Traptrix Trap Hole tapi lebih baik, karena tidak harus pada turn monster tersebut di Special Summon. DEF Shekhinaga yang besar juga dapat membuat lawan bingung, sementara ATK 2600 nya cukup bagus karena bisa menghabisi kebanyakan Rank 4 Xyz.

Selanjutnya yuk kita bahas monster yang diduduki Nephilim (aku mau juga dong diduduki Nephilim...)

2. Apoqlipoth Killer
NECH-JP026
Apoqliphoth Killer
Earth Machine / Effect
LV10 3000/2600
Cannot be Special Summoned. Must be Tribute Summoned by Tributing 3 “Qliphoth” monsters. (1) This Normal Summoned monster is unaffected by Spell/Trap Effects, or the activated effect of a monster whose original Level or Rank is lower than this card’s Level. (2) All Special Summoned monsters lose 500 ATK and DEF. (3) Once per turn: You can have your opponent sends 1 monster they control or have in their hand to the Graveyard (for no effect).

Art dan Lore
Apoqlipoth, menurutku adalah gabungan dari kata "Apocrypha" (rahasia, yang disembunyikan) dan "Qlipoth" (kover, penutup, cangkang). Apoqlipoth bisa dikatakan adalah "secret weapon" atau senjata rahasia dari para Qlipoth. Pantas memang dikatakan sebagai senjata rahasia karena memang Killer punya efek yang paling GG diantara semua boss monster lain di set NECH...

Gameplay
Bagi yang belum tahu apa sih Qlipoth itu, akan kuberi briefing dulu yah. Singkatnya mereka adalah Archetype EARTH Machine yang fokus pada Tribute Summon menggunakan Pendulum Monster sebagai pengorbanan. Karena mekanik Pendulum Monster yang ke Extra Deck setelah di tribute, strategi ini tidak akan menghabiskan resource di tangan, melainkan malah ngeplus setiap kali Qlipoth melakukan Pendulum Summon.

Pendulum Summon 3 monster untuk di tribute bagi Killer bukan merupakan hal yang sulit bagi Qlipoth. ATK nya besar (3000), tidak mempan Spell dan Trap. Tidak mempan pula dengan efek monster, kecuali efek monster Level/Rank 10 keatas. Tiap turn pula Killer bisa "ngekill" 1 monster di hand atau field lawan untuk +1 gratisan. GG bukan?

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dengan battle tentu saja, cara ngeplus paling tradisional! Tapi ingat, monstermu yang di Special Summon ATK nya bakal berkurang 500... Bujin bisa mengalahkan Killer via Crane dan Sinyou. Fire Fist bisa juga kalau pakai Tensen banyak-banyak...

Cara lain untuk mengalahkan Killer adalah dengan mentribute Killer untuk Lava Golem/Volcanic Queen dan sebangsanya. Cara kedua adalah mensummon Cyber Dragon dan mem fuse Killer dan Cyber Dragon untuk mensummon Chimeratech Fortress Dragon. Monster-monster semacam Naturia Mosquito, Daigusto Sphreeze, dan Lion Heart juga tetap bisa digunakan untuk menghabisi LP lawan, apalagi dengan ATK Killer yang 3000 pastinya akan sakit sekali damage yang diterima oleh player lawan.

Sekian untuk Card Review kali ini~ Kita lanjutkan dengan review kartu lain lagi kapan-kapan~
Wassalam~

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -