Popular Post

Posted by : IFK 16 Jan 2012

Halo teman-teman! Kali ini saya kembali setelah 2 minggu vakum! Maklum masa modem habis jadi saya nggak bisa mengakses internet selama kurang lebih 14 hari. Tapi tenang sajaaa!!! I have returned to save the day!!!... Save the blog maksudku.

Beberapa saat yang lalu ada seorang kouhai yang men-sms saya, minta build deck Ritua/Gishki. Saya pikir, wah kebetulan blog lagi sepi, akhirnya saya putuskan untuk menulis tentang deckbuilding deck Gishki ini. Apalagi deck ini mendapat boost besar dari DT14.

Pertama saya akan berikan sedikit background story tentang Gishki. Gishki adalah salah satu suku antagonis di kisah Duel Terminal Season 2. Pada mulanya Gishki itu sebangsa dengan Ice Barrier, namun kemudian diasingkan ke dasar laut karena mereka pemuja aliran sesat. Mereka adalah musuh besar dari suku Gusto karena dari awal Gishki berniat untuk menginvasi Mist Valley Wetlands, kampung halaman suku Gusto. Gishki berniat untuk menginvasi Mist Valley Wetlands untuk menjarah semua sumber daya yang ada disana sebagai bahan untuk melaksanakan ritual. Saat Steelswarm datang menyerang, Gishki rela bersekutu dengan Gusto di bawah pimpinan Vylon untuk menghadang Steelswarm. Tapi setelah perang melawan Steelswarm berakhir, Gishki kembali ke sifat awal mereka, dan menginvasi Mist Valley Wetlands sekali lagi. Mereka bahkan mengorbankan Laval, dan melepaskan Dragons of the Ice Barrier yang tersegel. Akhirnya di DT14, mereka mendapatkan Boss Monster dalam bentuk Steelswarm Hercules yang dibangkitkan kembali.


Tentang varian deck Gishki, ada 3 varian utama yaitu, Lv 6, Lv 8, dan Lv 10. Ada pula yang menggunakan Lightsworn sebagai cara untuk menipiskan deck. Varian manapun yang kamu pilih, aturannya adalah lebih baik kamu memainkan monster-monster ritual hanya dengan level yang sama. Kenapa begitu? Agar monster ritual tersebut juga dapat digunakan sebagai tribute. Hal ini berhubungan erat dengan efek Gishki Aquamirror, yang mengharuskan untuk tribute monster dengan EQUAL level dengan monster yang akan disummon.

"Cermin Ajaib, siapakah yang paling cantik di dunia ini?"
Tentunya bukan kau, Noelia... (-_-)a

Deck Building
Dan decklist yang akan saya tulis disini adalah varian Lv 10, karena... Lv 10 Gishki kelihatan keren bangeeet! 

Pertama-tama kita masukkan masing-masing 3: Gishki AbyssGishki Shadow, Vision Gishki, dan Gishki Beast. Empat kartu ini sangat penting bagi deck ini. Abyss dapat dianggap sebagai Stratosnya Gishki, sedangkan Shadow dan Vision seperti Gravekeeper's Commandant, plus mereka berdua sangat berguna dengan efek mereka yang dapat menjadi substitute tribute Ritual.

Gishki Beast lebih seperti Debris Dragon multifungsi: Pengen search kartu? Special Summon Abyss. Butuh tribute untuk ritual? Special Summon Shadow/Vision (atau Abyss, lalu search Shadow/Vision). Butuh Xyz rank 4? Gishki Beast jagoan kita!

Selanjutnya ada Gishki Ariel/Erial (I like Erial BETTER >_<). Cewek ini bagaikan Gravekeeper's Spy. Masukkan 3? Boleh iya, boleh nggak. Kenapa? Karena untuk hand-searching, Abyss, Shadow, dan Vision sudah sangat berperan. Gunakan 1-3. Di artikel ini, sebagai contoh saya akan masukkan 3.

Selanjutnya yang akan kita masukkan adalah bintang utama dari deck ini, Evigishki Zealgigas! Monster level 10 ini mengubah Gishki, yang tadinya berfokus pada hand control (varian Lv 6) menjadi OTK Machine. Masukkan 3 tentu saja... ATK 3200 dan efek gabungan antara Mystic Piper dan Raiza, gimana nggak bagus. Draw 1 kartu (+1), jika Gishki maka kembalikan 1 kartu (lawan) ke deck (+1), total bisa sampe +2 loh!

Kemudian adalah Gishki Aquamirror. Kartu ritual terbaik yang dimiliki oleh archetype ini. Kartu ini dapat mendaur ulang Zealgigas untuk di-summon bolak-balik dan +1. Masukkan 2-3. Dalam artikel ini saya akan pakai 3 biar simpel.

Lalu Salvage. Kartu istimewa untuk Deck Water. Otomatis +1 dan semua Gishki di deck bisa kita gunakan ulang! Kecuali Zealgigas tentu saja, tapi si Gigas dapat di recycle dengan Aquamirror jadi tenang saja. Pakai 3 Salvage. Kalau kamu menggunakan deck Gishki tapi tidak memakai 3 Salvage... Berhati-hatilah! KKDewa akan datang ke kamarmu malam-malam untuk meminta pertanggungjawaban!

Oke jadi kerangka decknya seperti ini: 24 kartu, 18 Monster dan 6 Spell
3 Gishki Abyss
3 Gishki Shadow
3 Vision Gishki
3 Gishki Beast
3 Gishki Ariel
3 Gishki Zealgigas
3 Gishki Aquamirror
3 Salvage

Sisanya kita masukkan kartu-kartu wajib macam Monster Reborn dan Heavy Storm. Bagi yang ingin memainkan Synchro, dapat memakai Effect Veiler atau Genex Ally Birdman. Karena mereka memiliki fungsi lain dan tidak hanya sebagai tuner. Manfaat Veiler tidak perlu dijelaskan lagi disini. Sedangkan Birdman dapat mengembalikan Beast ke tangan untuk dipakai ulang di turn berikutnya. Birdman + Ariel juga dapat menjadi Arcanite Magician atau Gungnir, Dragon of the Ice Barrier. Di artikel ini saya memilih Veiler, walaupun kalau teman-teman mau dapat diganti dengan Maxx "C". Untuk pertahanan, gunakan kartu-kartu trap atau hand-trap macam Gorz dan Tragoedia

Final Decklist:
Monster: 20

3 Gishki Abyss
3 Gishki Shadow
3 Vision Gishki
3 Gishki Beast
3 Gishki Ariel
3 Gishki Zealgigas
2 Effect Veiler
2 Tragoedia

Spell: 12
3 Gishki Aquamirror
3 Salvage
1 Dark Hole
1 Heavy Storm
1 Monster Reborn
2 Mystical Space Typhoon
1 Book of Moon

Trap: 8
1 Mirror Force
1 Torrential Tribute
1 Trap Dustshoot
1 Solemn Judgment
2 Bottomless Trap Hole

Extra Deck:
1-2 Super Dreadnought Cannon Express Gustaph Max
1-2 Lavalval Chain
dll sampai 15 kartu

Mengenai Extra Deck
Gustaph Max dapat disummon dengan Overlay 2 Zealgigas dan merupakan bagian dari OTK. Di Battle Phase, attack direct dengan 2 Zeal (6400), kemudian Xyz menjadi Gustaph di Main Phase 2 dan burn LP lawan 2000.
Sementara itu Lavalval Chain dapat disummon dengan mudah menggunakan Beast. Chain berguna untuk mengatur top deck agar efek Zeal dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Dobel Zeal - I'm Jealous
Dobel Zeal dapat dengan mudah dilakukan dengan Shadow, Vision, Salvage, dan 1 tribute yang cukup untuk mensummon Zeal (bisa Shadow, Vision, atau Zeal yang lain):
  1. Aktifkan Shadow dan Vision untuk search Aquamirror dan Zeal. 
  2. Aktifkan Salvage untuk Shadow dan Vision.
  3. Aktifkan Vision, search Zeal kedua.
  4. Tribute satu Zeal pertama Ritual Summon Zeal yang satunya lagi.
  5. Aktifkan Aquamirror di graveyard, mengembalikan Zeal di Graveyard ke tangan dan dirinya ke deck.
  6. Aktifkan Shadow, search Aquamirror.
  7. Ritual Summon Zeal kedua dengan "tribute yang cukup untuk Ritual Summon Zeal" yang saya sebutkan di awal tadi.
Cukup simpel kan?

Kelebihan
Deck ini konsisten, dan bisa dibilang hampir semua monsternya dapat di recycle. Efek Zeal yang mengembalikan ke deck mengatasi problem-problem seperti Reborn Tengu dan Wind-Up Zenmaines. Bukan hanya monster, bahkan Spell dan Trap pun dapat dikembalikan.

Kelemahan
Thunder King Rai-Oh menyetrum deck ini habis-habisan (Rai-Oh uses Thunder! It's super effective!)...
Macro deck juga dapat membuat deck ini diasingkan kembali... kali ini bukan hanya ke dasar laut, melainkan ke dimensi lain!
Hanya satu nasihat dari saya... gunakan side deck mu untuk mengatasinya.

Teknik Lain
Gishki dapat pula digabung dengan Lightsworn (milling untuk Beast dan Salvage), Genex Undine + Controller + Treeborn, atau para Djinn. Utak-atiklah, kreatiflah, untuk menemukan varian yang paling STRONG!
Sekian deck building dari saya untuk saat ini... Sekarang saya lapar dan ingin makan malam dulu... Wassalam!

{ 5 comments... read them below or Comment }

  1. weew, kyknya enak nih kk
    ane timpuk cendol gan :cendols xD

    BalasHapus
  2. minta deck build counter fairy donk

    BalasHapus
  3. Bisa di cobak nih. thx buildnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini sudah 3 tahun yang lalu lho build decknya~

      Hapus

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -