Popular Post

Posted by : Anonim 9 Sep 2015

Assalamu`alaikum Wr.Wb

Maaf sebelumnya kami jadi jarang update blog karena lagi sibuk menyelamatkan dunia. Mumpung saya lagi senggang dan kebetulan ada pembaca yang kepingin request artikel (Febrian Wahyu) ya coba saya buatin hehe... Oh ya btw selamat ya buat Hokage ke-4 yang baru: Fahmi Rizqi! kemarin pas sertijab saya nggak sempat datang gara-gara miku ngambek gak mau ditinggal sendirian >.<"
well..ditunggu gebrakan terbaru nih, hail YMGM!

Ok langsung saja sesuai judul kali ini saya ingin membahas PSYFrame, baru rilis di booster High-Speed Riders. Wew jujur saya udah hampir jarang ngikutin perkembangan terbaru kartu-kartu Yugi guys, jadi tadi sempet baca efek-efeknya sebentar biar mudeng dikit. Ok kalau saya lihat sekilas art-nya mirip-mirip sama Vylon gitu ya? Mungkin cuman perasaan doank sih. Nama-namanya juga diambil dari alphabet Yunani.
entah kenapa malah keinget PSY yang satu ini

Fokus permainannya cenderung kepada Synchro Summon serta abillity untuk meng-counter pergerakan lawan. Attributenya yang light dan type psychic mungkin menjadi advantage tersendiri karena support-supportnya juga semakin beragam nantinya. Karena efeknya yang seperti hand trap terkadang membuat lawan susah untuk memprediksinya. Yak play stylenya kurang lebih seperti ini : 

1. Jika lawan berpolah, lempar PSYFrame Gear yang sesuai ke muka lawan supaya kaget (namanya deck psychic harus maen mental donk)
2. Special Summon PSYFrame Driver
3. Tuning langsung kalo ada Field, kalo nggak ada ya ihklas.
4. Repeat step 1

NOTE: lempar ke mukanya bercanda guys jangan dipraktekin, apalagi pas turnament -_-

Untuk permulaan, yuk kita cek masing-masing kartunya!


PSYFrame Gear Alpha
Light/Psychic/Tuner - Effect/1/500/0
====================================
Cannot be Normal Summoned/Set. Must be Special Summoned by a card effect, and cannot be Special Summoned by other ways. When your opponent Normal or Special Summons a monster(s) while you control no monsters (except during the Damage Step): You can Special Summon this card from your hand and 1 "PSYFrame Driver" from your hand, Deck, or Graveyard, and if you do, add 1 "PSYFrame" card from your Deck to your hand, except "PSYFrame Gear Alpha". During the End Phasebanish any monsters Summoned this way.


PSYFrame Gear Beta
Light/Psychic/Tuner - Effect/1/700/0
======================================
Cannot be Normal Summoned/Set. Must be Special Summoned by acard effect, and cannot be Special Summoned by other ways. When an opponent's monster declares an attack while you control no monsters: You can Special Summon this card from your hand and 1 "PSYFrame Driver" from your hand, Deck, or Graveyard, and if you do, destroy the attacking monster, then end the Battle Phase. During the End Phase,banish any monsters Summoned this way.


PSYFrame Gear Gamma
Light/Psychic/Tuner - Effect/2/1000/0
====================================
Cannot be Normal Summoned/Set. Must be Special Summoned by acard effect, and cannot be Special Summoned by other ways. During either player's turn, when an opponent's monster effect is activated while you control no monsters: You can Special Summon this card from your hand and 1 "PSYFrame Driver" from your hand, Deck, or Graveyard, and if you do, negate the activation, and if you do that,destroy it. During the End Phasebanish any monsters Summoned this way.


PSYFrame Gear Delta
Light/Psychic/Tuner - Effect/2/1200/0
=================================
Cannot be Normal Summoned/Set. Must be Special Summoned by acard effect, and cannot be Special Summoned by other ways. During either player's turn, when an opponent's Spell Card is activated while you control no monsters: You can Special Summon this card from yourhand and 1 "PSYFrame Driver" from your hand, Deck, or Graveyard, and if you do, negate the activation, and if you do that, destroy it. During the End Phasebanish any monsters Summoned this way.


PSYFrame Gear Epsilon
Light/Psychic/Tuner - Effect/2/1500/0
========================================
Cannot be Normal Summoned/Set. Must be Special Summoned by a card effect, and cannot be Special Summoned by other ways. During either player's turn, when an opponent's Trap Card is activated while you control no monsters: You can Special Summon this card from your hand and 1 "PSYFrame Driver" from your hand, Deck, or Graveyard, and if you do, negate the activation, and if you do that, destroy it. During the End Phasebanish any monsters Summoned this way.


PSYFrame Driver
Light/Psychic - 6/2500/0
===================================
Psychic Warrior capable of manipulating electricity, he wields the Autonomous Amplification Units known as “PSYFrame” and uses them to assault the “Security Force”. His form in such endeavors is truly fast as lightning.

Analisis : 
Ok saya jadiin satu karena semua Gear memiliki efek yang sama, hanya berbeda pada kondisi untuk men-triggernya. Yang jelas untuk Alpha, Beta dan Gamma wajib 3 copy sedangkan Delta dan Epsilon menyesuaikan kondisi meta yang ada. Akan jadi kebodohan bila membawa banyak Epsilon ketika banyak deck trapless di regionmu. Selebihnya mungkin bisa dimasukin kedalam side deck, siapa tau juga nantinya berhadapan dengan deck heavy backrow. Untuk PSYFrame Driver sebenarnya suka-suka mau bawa 2 atau 3 copy, yang jelas hati-hati kalo nggak ada Driver yang bisa di Special Summon maka efek Gear nggak bisa aktif.

Synchronya sendiri sampai saat ini ada 2 yaitu Lord Zeta dan Lord Omega. Namun kamu masih bisa masukin beberapa Synchro lainnya yang sesuai untuk mengembangkan play.


PSYFrame Lord Zeta
Light/Psychic/Synchro - Effect/7/2500/1800
======================================
Tuner + 1 or more non-Tuner monsters
Once per turn, during either player's turn: You can target 1 face-up Attack Position Special Summoned monster your opponent controls;banish both it and this card until your next Standby Phase. If this card is in your Graveyard: You can target 1 other "PSYFrame" card in your Graveyard; return this card to the Extra Deck, and if you do, add it to your hand.

Analisis : 
Efeknya bagus buat ngebantu ngatasin monster lawan yang menyebalkan misalnya saja BLS-EoTB atau menghindari efek monster yang mentarget seperti Castel atau Silent Honor. Sayangnya hal ini masih bisa diakalin lawan, cukup men-Special Summon dalam posisi defense maka efek Lord Zeta udah nggak bisa digunakan. Bila kartu ini ada digrave gunakan juga untuk menambah advantage dengan add PSYFrame card sesuai kebutuhan.


PSYFrame Lord Omega
Light/Psychic/Synchro - Effect/8/2800/2200
=====================================
Tuner + 1 or more non-Tuner monsters
Once per turn, during either player's Main Phase: You can banish both this face-up card on the field and 1 random card in your opponent's hand until your next Standby Phase. During your opponent's Standby Phase: You can target 1 banished card; return it to the Graveyard. If this card is in your Graveyard: You can target 1 other card in any Graveyard; shuffle both that card and this card into the Deck.

Analisis :
Wew efek banish hand-nya nggak begitu bagus sih, terlalu random kecuali kamu punya luck yang tinggi seperti Jonouichi. Bila beruntung kamu bisa mengunci sementara hand trap atau kartu yang baru saja di search oleh lawan. Efek keduanya memungkinkan kamu untuk me-recycle Driver yang telah terbanish sehingga masih dapat digunain di lain kesempatan. Efek ketiganya juga bisa digunakan untuk disrupt graveyard lawan, balikin Light/Dark, menunda kesempatan monster semacam Junk Synchron buat aktif, mengatasin semacam Treeborn Frog atau Mezuki, atau balikin Lightsworn biar nggak sempat 4 nama yang beda.

Ok sekarang lanjut ke Spell dan Trap


PSYFrame Circuit
Field Spell Card
=====================================
If a "PSYFramemonster(s) is Special Summoned to your side of the field (except during the Damage Step), you can: Immediately after this effect resolvesSynchro Summon 1 Synchro Monster, using only "PSYFrame" monsters you control. At the start of the Damage Step, if a "PSYFrame" monster you control battles an opponent's monster: You can discard 1 "PSYFrame" monster; that monster you control gains ATK equal to the discarded monster's ATK until the end of this turn.

Analisis :
Field ini sangat penting dalam deck PSYFrame supaya monster yang udah tersummon nggak terbuang sia-sia. Bisa juga setelah Tuning, langsung aktifin efek dari PSYFrame Lord, banish diri sendiri supaya areana jadi kosong lagi. Bawa 2-3 copy Terraforming dan Upstart Goblin untuk meningkatkan chance-nya. Efek keduanya juga memberikan ATK boosting, buang saja Driver yang udah terlanjur ketarik di hand. Setidaknya kamu masih bisa revive nanti menggunakan Gear-nya. Kalau bisa lindungin field sih, biasanya rentan kena MST kalo timingnya pas lempar aja Delta.

PSYFrame Overload
Continuos Trap Card
================================
Once per turn: You can banish 1 "PSYFramemonster from your hand or face-up from your side of the field, then target 1 card on the field;banish it, face-down. During either player's turn, except the turn this card was sent to the Graveyard: You can banish this card from your Graveyard; add 1 "PSYFrame" card from your Deck to your hand, except "PSYFrame Overload".

Analisis :
Bawa 2 atau 3 copy it`s ok karena bagus buat ngatasin beberapa kartu lawan yang menyebalkan. Banish dari hand kalo pas kepepet aja ya. Slain itu gunakan cost dari field, misalnya saja pas gunain efek Gear tapi kamu nggak ada field? daripada terbanish sia-sia mending banish aja buat Overload.
Bila kartu ini ada di graveyard dan kamu mempunyai Omega, gunain aja buat search PSYFrame card setiap turn.

Kesimpulan :

Intinya deck ini kalo menurut saya emang membutuhkan kesabaran dan timing yang pas untuk Disrupting play lawan. Jadi nggak asal lawan berpolah sesuatu, tiba-tiba kamu lempar Gear (bisa aja itu cuma pancingan lawan). Jadi terus aja latihan dengan berbagai jenis deck lain supaya mahir bermain control dan disrupt play.

Weakness & Counter Strategy :

Ok saya menemukan beberapa kelemahan mendasar sih, pertama Driver yang menjadi inti dari deck ini. Bila kamu nggak bisa Special Summon Driver atau lawan sudah mencegahnya untuk digunakan bermain, misalnya saja pake Prohibition sudah pasti kamu ngaplo ngeliatin lawan fap-fap. Selalu sediain S/T Destroyer tambahan seperti MST karena bermodal Delta saja sepertinya masih kurang. 
Kelemahan lainnya ada pada kondisi "no monster" untuk mengaktifkan efeknya, jadi lawan masih bisa mengakali dengan sekali pancingan supaya fieldmu jadi ada monster. Untuk mengatasi hal ini tentu saja kamu harus meningkatkan variasi play serta timing yang pas untuk disrupt.
Karena semuanya hand trap, siding semacam Mind Drain dan Debunk tentu saja sangat cocok untuk melawan deck ini, terutama Debunk dengan statusnya yang trap counter jadi nggak bisa kamu chain pake Epsilon. Bawa beberapa S/T removal tambahan bila dirasa kurang, atau masukkan Royal Decree/Trap Stun yang sekalian bisa digunain untuk side deck anti-meta.


Beberapa Contoh Decklist asal comot :

PSYosenju OCG Banlist
Karena Yosenju pada return ke hand pas End Phase, jadi nggak perlu khawatir field akan terisi monster. Gunakan Yosenju untuk gebuk-gebuk digiliranmu dan PSYFrame untuk Disrupt di giliran lawan. Dengan adanya Yosenju, maka akses Extra Deck akan lebih banyak tambahan variasi toolbox Xyz.

KK NIzam Version
Bila ingin mencoba pure build, kurang lebih seperti diatas guys. Pot of Duality dapat dimanfaatkan karena kebanyakan Gear akan ter-special summon digiliran lawan saja. Kamu juga bisa menambahkan beberapa trap staple seperti Torrentrial Tribute tanpa khawatir akan resiko monster sendiri ikut meleduk.

Support Card :
Sebenarnya banyak sekali support yang bisa kamu masukin sebagai variasi play, misalnya saja Emergency Teleport dan Urgent Tuning. Ghost Ogre and Snow Rabbit juga cocok karena sama-sama hand trap.
Untuk Drawer coba juga gunakan Cardcar D karena efeknya dipastikan bikin arena jadi kosong. Honest juga OK karena semua monster ber-attribute Light.

Dari sekian banyaknya support, ada 1 kartu yang bikin kokoro ini cedut-cedut. Memang cocok banget sama namanya.


Psychic Feel Zone
Normal Spell Card
==================================
Select 2 of your removed from play monsters (1 Psychic-Type Tuner and 1 Psychic-Type non-Tuner), return them to the Graveyard, andSpecial Summon 1 Psychic-Type Synchro Monster from your Extra Deck in face-up Defense Position, whose Level equals the total Levels of the returned monsters.

Kalo kamu tipe duelist yang suka nge-feel pas lagi duel, mungkin gara-gara Ayumi mati-hidup-mati lagi atau gara-gara Megu-nee selama ini cuma khayalan, maka kartu ini cocok banget buat dimasukin di main deck. Pakai 1-2 copy aja deh jangan banyak-banyak takutnya kalo terlalu nge-feel malah nggak jadi duel. Konon sekali aktif, feel-nya "it`s over 9000!"
Lawan juga terkena imbasnya ikutan nge-feel, penonton nge-feel, judge juga nge-feel. Nggak usah main Yugi ae sekalian haha...

Ok selesai juga untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk pembaca terutama bagi yang merequestnya. Bila kamu ada request artikel yang belum terdapat di blog YMGM ini, silahkan komen aja nanti akan diusahain bila ada kesempatan hehe...

Sekian dari saya Chinmi
Wassalamu`alaikum Wr.Wb.
=====================================================

"Kemarin aku melihat mimpi. Mimpi tentang masa lalu, mimpi dimana kita masih 13 tahun. Kita berada ditempat yang luas, bersalju, dan tanah yang lapang. Cahaya yang datang dari rumah warga sedikit terlihat dan sangat jauh. Hanya ada kita di jalan yang kita lalui. Dengan pemandangan itu, suatu hari kita akan melihat bunga sakura bersama-sama. Dia dan aku tanpa ragu."

~5 Chinmimeter per Second~

{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. Trapnya wajib 3 dong kaks... trap removal broken itu... bisa ngesearch malah

    BalasHapus
  2. Trapnya wajib 3 dong kaks... trap removal broken itu... bisa ngesearch malah

    BalasHapus
  3. megu-nee iku sopo....

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -